Saat seorang guru atau pemateri menyampaikan pengetahuannya hanya ada beberapa ilmu saja yang bisa ditangkap oleh murid atau peserta. Sebenarnya ini adalas suatu masalah yang harus segera diatasi agar apa yang kita sampaikan bisa masuk kedalam pikiran dan dipraktekan dalam kesehariannya.
Bermain sambil belajar adalah hal yang tepat untuk mengisi kejenuhan dan mereflesikan otak yang sudah mulai penuh dengan materi-materi pembelajaran, Dengan begitu kita akan mendapatkan pelajaran dengan baik dan memahaminya asalkan bermain digunakan pada waktu yang tepat.
Hal ini penting bagi kita jika ingin mengisi suatu acara atau mengajar kerena murid atau peserta akan senang mengikuti apa yang kita sampaikan. Mungkin ini bisa menjadi referensi untuk kita para pengajar atau pengisi materi, jangan hanya memikirkan diri sendiri tapi fikirkanlah apa yang menjadi lawan kita.
Kali ini kita akan membahas beberapa permainan yang bisa dimankan didalam ruangan dan untuk semua kalangan baik itu pelajar ataupun para pemimpin perusahaan mungkin juga pejabat, untuk itu langsung saja kita bahas beberapa permainan dalam ruangan, sebagai berikut:
1. Salam dan Sapaan
Manfaat :
Permainan ini bisa memfokuskan peserta kepada kita ( pemateri/guru )
Membuat kelas yang tadinya ribut menjadi tenang
Peserta akan berhenti dengan kesibukannya
Cara Bermain :
Memberikan intruksi kepada peserta, jika kita bilang halo mereka jawab hai dan jika kita bilang hai mereka bilang halo.
kata halo atau hai bisa kita lipat gandakan, contoh :
Pemateri : Halo, halo, hai
Peserta : Hai, hai, halo
Permainan ini haya memerlukan suara dan konsentrasi
Jika peserta salah dalam menjawab bisa maju kedepan untuk menghibur peserta lainnya
2. Perkenalan
Manfaat :
Menjadikan Peserta lebih kenal dengan teman yang lainnya
Membuat pesrta kenal dengan pemateri atau sebaliknya
Lebih megenal satu dengan yang lainnya
Cara bermain :
Buatlah lingkaran yang beranggotakan 10 orang peserta
beri waktu 10 menit untuk peserta saling mengenalkan diri
setelah itu tunjuk salah satu peserta untuk menyebutkan nama dan asal temannya ( di acak)
Seleksi peserta yang salah dan tida bisa menjawab pertanyaan lalu beri hukuman untuk menghibur.
3. Menguji kecepatan dan Kesigapan
Manfaat :
Permaian ini bisa menjadiakn kita mudah mengelompokan peserta
Membuat peserta aktif dan bergerak
Mengetahui seberapa tangkas peserta dalam menanggapi suatu hal
Menjadikan diri peserta percaya diri
Cara Bermain :
Mengintuksikan kepada seluruh peserta untuk mengikuti perintah kita
Menyebutkan angka yang nantinya peserta akan membentuk kelompok dengan angka tersebut.
Contoh :
Pemateri : Cari 5 orang dalam satu kelompok
Peserta : Segera mencari 5 orang
Pemateri : Cari 12 orang dalam satu kelompok
Peserta harus mencari teman sebanyak 12 orang termasuk dirinya
Permainan ini menuruti apa perintah yang diberikan pemateri
Untuk peserta yang tidak kebagian kelompok akan mendapatkan hukuman.
Permaian ini bisa dikembangkan dengan memerintahkan peserta untuk berkumpul dalam lantai,
Contoh :
Pemateri : 2 lantai 3 orang
Peserta : harus masuk kedalam 2 lantai dengan posisi 3 orang didalam lantai
Pemateri : 3 Lantai 1 orang
Peserta : harus mengisi 3 lantai penuh sendiri
4. Pagi, Siang dan Malam
Manfaat :
Menghilangkan kejenuhan dalam peserta
Membuat peserta berkonsentrasi
Merangsang kecepatan pendengaran dan tangan
Memberikan suasana yang asik dan seru
Cara Bermain :
Pemateri menyebutkan waktu pagi, siang dan malam bisa dengan bercerita
Pagi : Tepuk tangan 3 kali
Siang : Tepuk tangan 2 kali
Malam : Tepuk tangan 1 kali
Pemateri menyebutkan waktu secara acak dan berturut-turut
Semua peserta harus bertepuk tangan, jika tidak akan diberikan hukuman yang mengasikan
5. Tujuh Door
Manfaat :
Meningkatkan konsentrasi peserta
Membuat peserta fokus
Menjadikan belajar lebih seru
Cara Bermain :
Peserta mulai berhitug dari satu sampai tujuh tapi pada hitungan tujuh peserta mengatakan “door”
Artinya angka tujuh digantikan oleh kata “door”
begitu seterusnya hingga kembai keangka satu atau bisa juga lanjut dan berlaku dalam kelipatan angka tujuh.
Pemateri boleh menunjuk peserta secara acak untuk meningkatkan konsentrasi peseta
Peserta harus menjawab dengan cepat jika salah akan mendapatkan tugas menghibur teman yang lainnya.
6. Memberikan Pertanyaan Aneh ( Tebak-tebakan )
Manfaat :
Menghibur agar peserta tidak setres
Mencairkan suasana
Melatih pikiran diluar biasanya
Peserta dapat mengeluarkan pendapatnya dengan sepontan
Cara bermain :
Pemateri memberikan pertanyaan yang jawabannya diluar nalar logika
Bisa bertukar pertanyaan dan jawaban oleh peserta lainnya
sebaiknya dilakukan saat siswa sudah lelah dan cape ketika pelajaran berlangsung
Siapa yang dapat menjawab dan mempunyyai pertanyaan yang tidak bisa dijawab dialah pemenangnya
7. Bercerita Lucu
Manfaat :
Merileksan pikiran
Cara Bermain :
Cukup dengan bercerita lucu, bisa pengalaman atau cerita lucu yang lainnya
8. Bos Berkata
Manfaat :
Memfokuskan peserta
Menguji kemampuan peserta dalam perintah
Cara Bermain :
Peserta mengikuti intruksi yang diberika pemateri ketika diawal kalimatnya pemateri mengatakan” Bos Berkata” jika pemateri tidak menggunakan kata ” Bos Berkata” peserta tidak boleh mengikuti perintahnya
Ketiata pemateri mengatakan ” Bos Berkata, pegang telinga” pemateri harus memegang yang lain selain telinga
Peserta diharuskan melihat atau fokus kepada gerakan dan perkataan pemateri
9. Mengingat Nomor
Manfaat :
Meningkakan daya ingat peserta
Menumbuhkan jiwa cepat merespon
Mempertajam pendengaran dan kesadaran
Cara Bermain :
Berilah perintah kepada peserta untunk menghitung dari 1 sampai dengan selesai
Peserta harus mengingat angka yang telah disebutkan
Pemateri menyebutkan angka berapa saja untuk mengecek apakah peserta sudah ingat dengan nomornya
Sebutlah angka 7 misalnya, dan ketika angka tujuh disebut peserta yang memiliki noomor 7 harus segera menjawab iya kemudian menyebutkan angka yang lainnya
Dalam satu putaran angka yang sudah tersebut tidak boleh disebutkan ulang
Jika peserta lama merespon atau lebih dari 2 detik merespon makan peserta dikatakan gugur
Lakukan ini hingga peserta tersisa sedikit dan dialah pemenanngnya
10. Sambung Kata
Manfaat :
Membuat otak berfikir cepat dan tanggas
Membuat peserta konsentrasi dalam mendengan dan berfikir
Cara Bermain :
Buatlah lingkaran
Peserta hanya boleh menyebutkan 1 kata yang nantinya kata tersebut akan dilanjutkan oleh teman sebelahnya
Pemateri memulai permainan dengan memberikan satu kata lalu menunjuk peserta untuk meneruskannya
Ketika peserta mengatakan kata yang tidak nyambung maka dikatakan gugur
Peserta tidak boleh menjawab lebih dari 2 detik
Peserta yang gugur harus keluar dari lingkaran
Permainan terus berjalan melingkar hingga tersisa 1 orang sebagai pemenang
Kurang lengkap rasanya jika kamu di sekolah tidak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu ekstrakurikuler paling populer sepanjang ...
Privacy Policy
Privacy Policy for dulurpandu11.blogspot.co.id
If you require any more information or have any questions about our privacy policy, please feel free to contact us by email at neohabibi11@gmail.com.
At Blog Dulur Pandu we consider the privacy of our visitors to be extremely important. This privacy policy document describes in detail the types of personal information is collected and recorded by Blog Dulur Pandu and how we use it.
Log Files Like many other Web sites, Blog Dulur Pandu makes use of log files. These files merely logs visitors to the site - usually a standard procedure for hosting companies and a part of hosting services's analytics. The information inside the log files includes internet protocol (IP) addresses, browser type, Internet Service Provider (ISP), date/time stamp, referring/exit pages, and possibly the number of clicks. This information is used to analyze trends, administer the site, track user's movement around the site, and gather demographic information. IP addresses, and other such information are not linked to any information that is personally identifiable.
Cookies and Web Beacons Blog Dulur Pandu uses cookies to store information about visitors' preferences, to record user-specific information on which pages the site visitor accesses or visits, and to personalize or customize our web page content based upon visitors' browser type or other information that the visitor sends via their browser.
DoubleClick DART Cookie
→ Google, as a third party vendor, uses cookies to serve ads on Blog Dulur Pandu .
→ Google's use of the DART cookie enables it to serve ads to our site's visitors based upon their visit to Blog Dulur Pandu and other sites on the Internet.
→ Users may opt out of the use of the DART cookie by visiting the Google ad and content network privacy policy at the following URL - http://www.google.com/privacy_ads.html
Our Advertising Partners
Some of our advertising partners may use cookies and web beacons on our site. Our advertising partners include .......
Google
adnow
While each of these advertising partners has their own Privacy Policy for their site, an updated and hyperlinked resource is maintained here: Privacy Policies.
You may consult this listing to find the privacy policy for each of the advertising partners of Blog Dulur Pandu .
These third-party ad servers or ad networks use technology in their respective advertisements and links that appear on Blog Dulur Pandu and which are sent directly to your browser. They automatically receive your IP address when this occurs. Other technologies (such as cookies, JavaScript, or Web Beacons) may also be used by our site's third-party ad networks to measure the effectiveness of their advertising campaigns and/or to personalize the advertising content that you see on the site.
Blog Dulur Pandu has no access to or control over these cookies that are used by third-party advertisers.
Third Party Privacy Policies
You should consult the respective privacy policies of these third-party ad servers for more detailed information on their practices as well as for instructions about how to opt-out of certain practices. Blog Dulur Pandu 's privacy policy does not apply to, and we cannot control the activities of, such other advertisers or web sites. You may find a comprehensive listing of these privacy policies and their links here: Privacy Policy Links.
If you wish to disable cookies, you may do so through your individual browser options. More detailed information about cookie management with specific web browsers can be found at the browsers' respective websites. What Are Cookies?
Children's Information We believe it is important to provide added protection for children online. We encourage parents and guardians to spend time online with their children to observe, participate in and/or monitor and guide their online activity.
Blog Dulur Pandu does not knowingly collect any personally identifiable information from children under the age of 13. If a parent or guardian believes that Blog Dulur Pandu has in its database the personally-identifiable information of a child under the age of 13, please contact us immediately (using the contact in the first paragraph) and we will use our best efforts to promptly remove such information from our records.
Online Privacy Policy Only
This privacy policy applies only to our online activities and is valid for visitors to our website and regarding information shared and/or collected there.
This policy does not apply to any information collected offline or via channels other than this website.
Consent
By using our website, you hereby consent to our privacy policy and agree to its terms.
Update This Privacy Policy was last updated on: Tuesday, March 6th, 2018.
Should we update, amend or make any changes to our privacy policy, those changes will be posted here.
0 comments